Otomatisasi Kantor
Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yyang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi Kantor ( Office Automation atau OA ) adalah semua system elektronik formal dan informasi terutama yyang berkaitan dengan komunikasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.
Pengguna Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor (OA) digunakan oelh semua orang yang bekerja didalam kantor, pada dasarnya ada empat kategori pemakai OA, yaitu :
1. Manajer
2. Profesional
3. Sekretaris
4. Clerical employee (Clerk)
Istilah “Knowledge worker” diterapkan pada manajer dan professional yaitu orang yang memberikan sumbangan pengetahuan terhadap aktivitas perusahaan.
Tujuan Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor bertujuan untuk meningkatkan produktiovitas. Bila diterapkan sebagai alat pemcah permasalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer utnutk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.
Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi perkantoran
Ada 11 aplikasi otomatisasi kantoryang telah diketahui, yaitu :
1. Word Processing
2. Elecktronic mail
3. Voice mail
4. Electronic calendaring
5. Audio conferencing
6. Video conferencing
7. Computer Conferencing
8. Facsimile Transmission
9. Videotext
10. Image Strorage and Retrieval
11. Destop Publishing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar