Rabu, 11 Januari 2012

Jaringan Komputer

 Pengertian Jaringan Komputer
Dua computer atau lebih dalam suatu area tertentu dapat saling dihubungkan bersama membentuk suatu jaringan sehingga setiap computer dapat berbagi data dengan computer lain maupun atau hanya dengan computer tertentu saja. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah memungkinkan kita dapat membentuk jaringan computer yang tidak hanya sebatas pada lingkungan kantor atau kota saja. Saat ini telah ada jaringa computer antar kota bahkan antar Negara. Jaringan computer terbesar didunia adalah internet.
 Macam-Maca Jaringan Komputer
Berdasarkan lingkup kerjanya, jaringan computer dapat dibedakan atas LAN,MAN dan WAN
• LAN (Local Area Network) yaitu jaringahn computer yang paling kecil minimal terdiri dari dua computer. LAN biasanya digunakan di lingkungan perkantoran, kursus-kursu,sekolah, perusahaan atau perumahan.
• MAN (Metropolitan Area Network) yaitu jaringan computer yang mempunyai jangkauan geografis agak luas, biasanya digunakan oleh beberapa kantor instansi atau perusahaan dalan suatu kota.
• WAN( Wide Area Network) yaitu jaringan computer yang mempunyai geografis paling luas, area kerjanya antar Negara dan antar benua.
Istilah lain seperti Internet, Intranet dan extranet sebernanya juga termasuk jaringan.
Internet adalah jaringan dalam jutaan jaringan dakan jutaan jaringan jadi luas area kerjanya juga seperti WAN dan didalam jaringa internet juga dapat terdapat jaringan LAN dan MAN.
Intranet merupakan janringan yang terdiri beberapa jaringan LAN yang terhubung kejaringan pusat. Biasanya terdapat diperusahaan sehingga isi informasi datanyya hanya diperuntukan user dalam lingkungan perusahaan itu.
Externet hamper sama denga Intranet. Dalam Externet perusahaan dapat berbagi data informasi dengan pelanggan, pemasok, rekanan atau pablik umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar