Sabtu, 08 Oktober 2011

"Membersihkan Rantai Motor"

Rantai roda vital dimotor, harus dijaga kebersihan dari pasir, debu, dan air agar dapat berfungsi dengan baik. Jika diabaikan akan membuat rantai AUS dan Kendur. Agar awet harus dibersihkan juga dilumasi. Namun sebelum dilumasi rantai, sebaiknya periksa kondisi rantai. Jika kotor ada baiknya dibersihkan.

Untuk membersihkan rantai baiknya pakai air sabun dibantu sikat cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama, jika kotoran sulit terangkat atasi dengan Bensin/Solar contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga kecelah rantai harus dibersihkan sekaligus permukaan Gir depan maupu belakang.

Kalau sudah dicuci dengan air sabun dan bilaslah dengan air bersih, Tapi jan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karatan. Lanjut semprotkan Pelumas secukupnya secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60w dan jangan gunakan gemuk yang lengket dapat membuat pasir dan debu mudah menempel lagi.

Selain membersihkan rantai periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor merakselerasi maupun diselerasi. Perhatikan juga jenis rantai motornya, jika memiliki sistem pelumasan tertutupyang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan Bensin saat membersihkan karena dapat merusak karet-karet sil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar